Berbagai Jenis Bahan Spanduk Outdoor Terbaik

Berikut pembahasan jenis bahan spanduk outdoor terbaik. Anda mungkin sudah sering melihat iklan yang ada di jalanan, namun apakah Anda memperhatikan dimana iklan tersebut ditulis?

Ya, iklan tersebut ada di kain yang bernama spanduk, sebagai media promosi jenis bahan spanduk sudah semakin berkembang dari tahun ke tahun. Seiring berkembangnya teknologi, industri percetakan digital juga semakin maju.

Jenis Bahan Spanduk Outdoor

Saat ini Anda dapat memilih bahan apapun dan mempromosikan produk Anda sesuai dengan keinginan Anda. Penggunaan spanduk hingga saat ini banyak dipilih karena memiliki keunggulan diantaranya harganya yang terjangkau.

Nah jika Anda ingin memesan spanduk untuk mempromosikan produk Anda, perhatikan jenis-jenis bahan yang bisa Anda pilih di bawah ini.

  • Flexy Jerman

Jenis bahan spanduk flexy merupakan jenis bahan yang paling cocok dipilih untuk spanduk jenis outdoor. Alasannya karena jenis bahan ini memiliki keunggulan seperti bisa tahan terhadap berbagai cuaca baik panas maupun hujan.

Selain itu hasil cetakannya juga menghasilkan kualitas yang sangat bagus dan bisa terlihat jelas meskipun dari jarak yang jauh.

Keunggulan lainnya karena bisa tahan terhadap berbagai cuaca sehingga tinta yang berada di kain tersebut juga tidak akan pudar walaupun terkena air atau sinar matahari.

Oleh karena itu jenis bahan spanduk yang satu ini sangat banyak dipilih untuk spanduk outdoor. Salah satu kain jenis flexy yang biasanya dipakai adalah Flexy Jerman.

Jika dibandingkan dengan jenis bahan flexy yang lain, flexy Jerman memiliki keunggulan diantaranya kainnya yang lumayan tebal dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi.

Kualitasnya juga sangat bagus, namun sesuai dengan kualitasnya harga yang ditawarkan jika Anda memiliki jenis bahan ini lumayan mahal.

Oleh karena itu jika Anda ingin memilih jenis bahan ini Anda harus pergi ke tempat percetakan yang lebih besar karena bahan ini tidak selalu ada di beberapa tempat-tempat percetakan, sedangkan gramasinya berkisar antara 230 g hingga 400 g.

  • Flexy Korea

Jenis bahan spanduk flexy selanjutnya adalah flexy korea. Jenis bahan flexy ini memiliki kualitas di bawah flexy Jerman namun memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan flexy China.

Tekstur yang dimiliki jenis bahan ini sangat halus dan kualitas cetakannya juga lumayan tinggi. Daya tebal yang dimiliki juga sangat baik sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan spanduk jenis outdoor.

Jadi jika Anda menginginkan jenis bahan alternatif yang bisa digunakan untuk spanduk maka Anda bisa memilih flexy korea karena harganya yang masih terjangkau. Ketahanan yang dimiliki hampir sama dengan flexy China yaitu berkisar dari 3 bulan sampai 1 tahun.

  • Flexy China

Selanjutnya adalah jenis bahan flexy China, jika dilihat dari segi kualitas jenis bahan spanduk ini sebenarnya lebih rendah jika dibandingkan jenis bahan flexy lainnya.

Alasannya karena ketebalan kain yang dimiliki lumayan tipis dan kasar, namun jenis bahan ini cukup banyak diminati kebanyakan orang karena harganya yang sangat terjangkau.

Jika dilihat dari tingkat kepudarannya juga jika dibandingkan flexy korea lebih baik namun memang bahannya tipis dan kasar sehingga kualitasnya dinilai rendah.

Jika Anda tetap memilih jenis bahan ini untuk promosi produk, Anda tidak perlu khawatir karena ternyata jenis bahan ini memiliki variasi bobot sekitar 260 g, 280 g atau 340 g. Jadi Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Poly A Dan Poly B

Bahan spanduk selanjutnya yaitu bernama poly A dan poly B. Kedua jenis bahan ini memiliki perbedaan dari segi ukuran saja namun keduanya memiliki kualitas yang hampir sama dan harga yang tidak jauh berbeda juga. Jenis bahan ini sangat cocok digunakan di luar ruangan dengan jangka waktu yang sebentar saja.

Ukuran bahan yang dimiliki poly A yaitu 50 x 46 dengan lebar 96 dan 120 cm sedangkan poly B berukuran 50 x 34 dan lebarnya berukuran sama dengan poly A.

Jenis bahan spanduk yang satu ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan kain yang biasanya digunakan untuk mencetak bendera dengan digital printing.

Bahan spanduk banner cloth ini memiliki tekstur yang halus dan tipis. Biasanya Anda akan menemukan spanduk dengan bahan ini yang digunakan saat terdapat event-event tertentu atau promosi yang berbentuk seperti bendera.

Jadi bahan yang satu ini memang sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan namun jenis bahan ini juga bisa digunakan di dalam ruangan karena bahannya yang halus sehingga cocok untuk indoor.

Lalu jika dipakai di indoor jenis bahan ini biasa Anda lihat saat berada di mall atau untuk dekorasi-dekorasi yang ada di rumah.

  • Backlite

Selanjutnya Anda juga bisa memilih bahan spanduk jenis backlite. Jenis bahan ini sesuai dengan namanya memiliki karakteristik kainnya yang agak transparan sehingga sangat cocok digunakan di luar ruangan dan ketika terkena sedikit cahaya matahari, spanduk ini dapat terlihat dari dua sisi.

Biasanya spanduk yang memiliki jenis bahan kain ini juga akan dipasang di neon box. Sama halnya dengan banner cloth, untuk di indoor jenis bahan backlite juga biasanya dipasang di pusat-pusat perbelanjaan.

  • PVC

Jenis bahan spanduk selanjutnya adalah berbahan PVC. Jenis bahan ini memiliki ciri-ciri kaku dan tidak mudah sobek sehingga sangat cocok dipilih untuk penggunaan luar ruangan. Keunggulan lainnya dari jenis bahan ini adalah mempunyai daya tarik yang kuat namun juga selalu mempertahankan bentuknya yang ringan.

  • Polyester

Jenis bahan selanjutnya yaitu polyester, jenis bahan ini memiliki tekstur yang halus namun sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Hal tersebut karena bahan ini biasa digunakan untuk bendera atau umbul-umbul yang sering Anda lihat. Bahan ini juga memiliki ciri agak transparan sehingga memungkinkan Anda bisa melihat isi iklan pada spanduk dari dua sisi.

  • Kanvas

Jenis bahan yang umum digunakan untuk spanduk dan memiliki ketebalan yang cukup bagus selanjutnya adalah kanvas.

Jenis bahan ini bisa Anda gunakan untuk penggunaan luar ruangan, namun mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis bahan kanvas yang satu ini.

Hal tersebut karena jenis bahan ini merupakan yang biasa digunakan sebagai media melukis atau juga sudah banyak digunakan sebagai bahan tas atau sepatu.

Kesimpulan

Itulah informasi dari Makin Tahu mengenai beberapa jenis bahan spanduk yang umum digunakan di berbagai industri percetakan dan sangat cocok untuk penggunaan outdoor.

Sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa memilih jenis bahan yang akan Anda pilih mulai dari harganya, ketebalan atau kualitas yang Anda harapkan.

Jika Anda ingin menggunakan spanduk ini untuk mempromosikan produk, Anda bisa memesan kepada tempat percetakan untuk membuat spanduk sesuai keinginan Anda.


error: Content is protected !!