Sejarah Berdirinya Facebook Dan Perkembangannya

Facebook merupakan platform atau aplikasi sosial media yang sangat familiar di seluruh negara di dunia. Pengguna aktif Facebook merupakan yang paling banyak di dunia, lebih dari 1,3 miliar yang menggunakan Facebook setiap harinya.

Kesuksesan platform Facebook ini tentu tidak lepas dari sejarah Facebook dan perkembangannya dari nol. Pada awalnya, Facebook merupakan sosial media yang berasal dari Amerika yang sekaligus merupakan perusahaan sosial Network yang berbasis di Menlo, California.

Awalnya Facebook diluncurkan sebagai Face Mash pada Juli 2003 lalu berganti nama menjadi Facebook pada Februari 2004. Sejarah berdirinya Facebook sangat luar biasa hingga akhirnya saat ini menjadi salah satu platform sosial media terbesar di dunia.

Mengenal Lebih Dekat Penemu Facebook, Mark Zuckerberg

Seorang Mahasiswa Harvard University

Mark Zuckerberg, nama tersebut mungkin sudah sangat familiar di telinga Anda. Mark adalah penemu Facebook yang sangat terkenal dan populer. Ia merupakan seorang mahasiswa Harvard dan saat ini menjadi CEO Facebook.

Sejarah Facebook tidak bisa lepas dari namanya. Tidak seperti perusahaan besar lainnya yang dicetuskan dengan rencana dan persiapan yang sangat matang, ternyata Facebook diluncurkan pertama kali di kamar asrama Mark di Harvard University.

Peluncuran pertama kali tersebut dilakukan ketika dirinya masih menjadi mahasiswa. Sementara untuk pembuatan Facebook yaitu pada tanggal 24 Februari 2004.

Mendirikan Facebook Bersama Keempat Temannya

Namun perlu diketahui bahwa Mark Zuckerberg tidak sendiri dalam mendirikan Facebook, karena sebenarnya Ada 5 orang. Selain Mark, ada keempat temannya dalam catatan sejarah Facebook yang bernama Eduardo Saverin, Dustin Moskovits, Andrew McCollum, dan Chris Hughes.

Namun Mark Zuckerberg lebih populer dibandingkan yang lainnya karena dirinya menjadi CEO di perusahaan tersebut.

Menyukai Perangkat Komputer Sejak Kecil

Mark Zuckerberg lahir di Westchester country, New york, Amerika Serikat. Ayahnya merupakan seorang dokter gigi yang bernama Edward Zuckerberg, sementara ibunya merupakan seorang psikiater bernama Karen Kempner.

Ayahnya mulai memberikan Mark Zuckerberg komputer saat ia berusia 8 tahun. Sejak kecil, ia sudah terbiasa mengotak-atik perangkat komputer yang dimilikinya.

Ketertarikannya terhadap perangkat komputer membuat dirinya selalu penasaran dan ingin mencoba berbagai hal yang berkaitan dengan program komputer atau perangkat lunak miliknya.

Mencoba Membuat Program Komputer

Dirinya pernah beberapa kali mencoba membuat program melalui komputer. Hingga saat ia duduk di bangku kelas menengah, ia mencoba membuat plugin MP3 player Winamp bersama temannya.

Tujuan ia membuat plugin tersebut yaitu supaya orang-orang dapat membuat playlist lagu favorit mereka sehingga tidak perlu merekam dan mengurutkan secara manual.

Perkembangan Facebook Hingga Saat Ini

Dalam perkembangan sejarah Facebook , idenya membuat Facebook sebenarnya karena dirinya ingin membuat buku secara online untuk semua mahasiswa. Di dalam buku online tersebut terdapat data diri mahasiswa secara lengkap.

Hanya saja saat itu pihak kampus menolak idenya mentah-mentah karena dikhawatirkan mengancam keamanan informasi pribadi. Namun Mark Zuckerberg pantang menyerah dan mencari cara supaya idenya dapat diterima.

Ia membuat proyek pertamanya yang bernama CourseMatch, yaitu sebuah website yang dapat digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain oleh mahasiswa Harvard University yang sekelas dengan Zuckerberg.

Kemudian ia melanjutkan proyek Facebook, yang dalam sejarah Facebook rilis pada Februari 2004. Sebenarnya Facebook adalah website penyempurnaan dari proyek sebelumnya yang bernama Facemash.

Dengan diciptakannya Facebook, Zuckerberg berharap supaya dapat mempertemukan orang-orang dengan cepat tanpa ada kendala jarak.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi tersebut dimanfaatkan untuk pertemuan alumni kampus, keluarga, dan komunitas lainnya di sebuah website. Terdapat sekitar 140 fitur tambahan di dalam Facebook saat itu.

Tujuan adanya fitur dalam aplikasi tersebut yaitu agar menciptakan perbedaan dengan media sosial lainnya. Jadi hal ini merupakan strategi untuk menarik perhatian banyak orang sehingga menggunakan Facebook yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg.

Akhirnya hingga saat ini banyak orang yang menggunakan aplikasi Facebook untuk berkomunikasi atau bertukar informasi. Setiap orang dapat menggunakan social media secara online di mana pun dan kapan pun tanpa ada kendala jarak dan waktu.

Di Indonesia sendiri, Facebook telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Bahkan aplikasi sosial media lainnya pun dapat ditautkan dengan Facebook.

Facebook Menjadi Sosial Media Terbesar dan Terpopuler di Dunia

Setelah mengetahui sejarah Facebook yang cukup panjang, tidak heran jika saat ini aplikasi Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Bahkan pengguna aktif Facebook mencapai 1,3 miliar orang setiap bulan.

Tidak berhenti di situ saja, karena saat ini Facebook memiliki berbagai anak perusahaan yang populer juga seperti Instagram, WhatsApp, PrivateCore, Oculus VR, dengan total karyawan sejumlah 11.996 di tahun 2015.

Pada tahun 2014, pendapatan Facebook sudah mencapai 12,466 miliar dolar dengan aset sebanyak 40,184 dollar. Hingga pada tahun 2015 kekayaan bersih Mark Zuckerberg mencapai 35,7 miliar dolar.

Facebook selalu berusaha memberikan inovasi terbaru untuk platform-nya dengan mengembangkan berbagai fitur yang unik dan menarik bagi para penggunanya.

Pada halaman profile Facebook, Anda dapat melihat sudah dilengkapi dengan halaman kontak, foto, daftar favorit, dan berbagai data diri lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat saling berbagi video dan gambar dengan sesama pengguna. Untuk media komunikasi, terdapat fitur chat dan video call yang dapat Anda manfaatkan dengan jaringan internet.

Strategi Mark Zuckerberg Dalam Mengembangkan Sayap Bisnis

Tidak hanya kreatif, ternyata Mark Zuckerberg merupakan sosok yang sangat inspiratif dan inovatif. Buktinya, ia dapat menjadikan Facebook sebagai salah satu platform terbesar di dunia.

Ada berbagai hambatan dan rintangan yang telah dilaluinya sehingga ia berhasil menciptakan platform terbesar ini. Ada beberapa strategi bisnis yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg sehingga dalam sejarah Facebook, dapat berhasil hingga saat ini.

Membuat Platform Yang Bermanfaat

Jika bisnis perusahaan ingin sukses, maka buatlah sebuah produk yang bermanfaat bagi banyak orang. Dalam hal ini Facebook menjadi platform yang memudahkan setiap orang untuk berbagi informasi dan saling berkomunikasi jarak jauh.

Selain itu, saat ini Facebook juga sebagai media untuk mencari hiburan dan mengembangkan kreativitas para penggunanya.

Memperhatikan Hal-Hal Kecil

Bagi Mark Zuckerberg, keberhasilan Facebook tidak terlepas dari hal-hal kecil yang ia lakukan. Baginya, hal besar tidak akan pernah tercipta jika tidak melalui hal kecil terlebih dahulu.

Terbukti sebelum Facebook diciptakan, ia menciptakan sebuah situs yang bernama CourseMatch sebelumnya.

Mengikuti Passion

Bagi Mark Zuckerberg, uang merupakan bonus, sementara passion merupakan sesuatu yang harus dilakukan karena sejalan dengan keinginan hati. Ia selalu mengarahkan kepada karyawan untuk menciptakan hal-hal yang dapat dibanggakan.

Pasalnya ada beberapa perusahaan besar yang menawar Facebook, tetapi Mark Zuckerberg tidak melepasnya. Karena bagi dirinya, perkara uang bukan sesuatu yang diutamakan, tetapi mempertahankan visi misi dan apa yang ia cintai merupakan keharusan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Makin Tahu tentang sejarah Facebook dan perkembangannya yang perlu Anda ketahui. Sampai sekarang, Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang populer di berbagai negara di dunia.

Anda dapat menikmati berbagai fitur yang tersedia di Facebook untuk berkomunikasi atau berbagi informasi dengan sesama pengguna.


error: Content is protected !!