Cara Kerja Mesin Penghancur Kertas Yang Perlu Diketahui

Pernah melihat mesin atau alat penghancur kertas di usaha fotokopi terdekat? Ya, bagi yang memiliki bisnis yang berkaitan dengan kertas dan dokumen, mesin seperti ini sangat penting untuk dimiliki.

Terlebih dengan berbagai kegunaan yang dimilikinya menjadikan pekerjaan semakin ringan. Berbicara mengenai mesin tersebut, tentunya tidak dapat terlepas begitu saja dari cara kerja mesin penghancur kertas yang perlu diketahui.

Jenis Mesin Penghancur Kertas

Dulunya menghancurkan kertas atau dokumen hanya dilakukan secara manual menggunakan gunting maupun pemotong biasa. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, ada beberapa alat lain yang digunakan, yakni:

Guillotine

Jika sering ke tempat fotokopi, Anda tentu pernah melihat alat ini. Biasanya, guillotine digunakan untuk memotong bagian tepi buku atau dokumen kertas sehingga menjadi lebih rata dan rapi.

Karena alat ini cukup besar, tidak heran jika Anda dapat menggunakannya untuk memotong dan menghancurkan dokumen yang ketebalannya mencapai 6 cm.

Paper cutter

Secara bentuk memang lebih kecil dari sebelumnya, namun secara cara kerjanya, alat ini tidak jauh berbeda. Karena ukurannya yang lebih kecil, maksimal kertas yang dapat dipotong atau dihancurkan biasanya sebanyak 15 lembar.

Paper shredder

Atau alat penghancur kertas modern yang banyak ditemukan di sejumlah kantor atau institusi tertentu. Adapun cara kerja mesin penghancur kertas ini juga termasuk cepat, di mana alat ini akan membuat satu buah kertas menjadi kecil-kecil sehingga susah untuk dibaca isinya.

Kenali Mesin Penghancur Kertas Modern

Menggunakan mesin penghancur kertas (paper shredder) sejatinya tidaklah sulit. Dengan adanya alat ini, Anda dapat menghancurkan dokumen penting atau rahasia sekalipun.

Kertas yang dipotong menjadi lembaran kecil ini pun nantinya akan lebih menguntungkan dan ramah lingkungan karena dapat didaur ulang ataupun dijual.

Sebelum menggunakan mesin ini, ada baiknya jika Anda mengetahui setiap bagian penyusun mesin tersebut beserta fungsinya. Dengan demikian, penggunaannya juga akan lebih maksimal dan mesin tersebut tidak cepat rusak.

Tombol On/Off

Tentu saja Anda sudah paham jika tombol ini digunakan untuk menghidupkan maupun mematikan mesin dari penghancur kertas tersebut.

Distance sensor

Merupakan sensor yang secara otomatis mematikan mesin ketika tangan terlalu dekat dengan pemotong. Sensor ini akan mati jika tidak ada lagi benda lain yang berada di dekat mesin pemotongnya.

Tombol Auto dan Reverse

Adanya tombol Auto pada mesin penghancur tersebut digunakan untuk dapat menjalankan mesin secara lebih otomatis. Sementara tombol reverse digunakan untuk memutar arah pisau mesin sehingga proses penghancuran bisa dilakukan secara optimal.

Safety Flap dan Switch

Keduanya merupakan pengaman yang akan melindungi mesin dan tangan Anda pada saat kepala mesin penghancur tersebut akan diambil dari wadah hasil potongan.

Wadah Hasil Potongan

Sesuai namanya, mesin ini memiliki wadah yang digunakan untuk menampung hasil penghancuran kertas tersebut. Dengan begitu, kertas yang sudah dihancurkan akan terkumpul secara rapi sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Menggunakan Mesin Penghancur Kertas Modern

Menggunakan mesin penghancur ini juga sangat mudah. Terlebih dahulu, Anda sudah menyambungkan steker mesin ke dalam stop kontak dan menempatkan mesin pada permukaan yang rata dan solid. Selanjutnya, berikut langkah-langkah dan cara kerja mesin penghancur ini.

  1. Hidupkan mesin penghancur kertas dengan menekan tombol ON
  2. Siapkan kertas dan pastikan segala paper clip atau staples sudah disingkirkan. Hal ini bertujuan supaya proses penghancuran tidak mengalami hambatan dan tidak merusak pemotong.
  3. Masukkan kertas ke dalam mesin penghancur secara hati-hati. Sesuaikan jumlah kertas yang dimasukkan dengan kapasitas mulut mesin supaya mesin tersebut dapat bekerja secara lebih maksimal.
  4. Gigi-gigi mesin akan memotong dan menjadikan kertas berukuran besar menjadi potongan-potongan kecil. Untuk mendapatkan hasil potongan lain, Anda dapat menggunakan tombol-tombol di mesin tersebut.
  5. Tunggu hingga mesin selesai beroperasi dan jika sudah selesai tekan tombol OFF untuk mematikannya. Ambil potongan pada wadah yang telah tersedia untuk dibuang atau didaur ulang.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan melakukan perawatan berkala pada mesin penghancur kertas tersebut. Misalnya dengan menggunakan kain atau lap khusus untuk membersihkan permukaan yang kotor.

Selain itu Anda dapat melakukan pelumasan pada bagian gear dan ujung pisau dan juga untuk memeriksa ketajaman pisau supaya lebih maksimal digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah khusus sebagai salah satu cara kerja mesin penghancur kertas yang sangat berguna. Cukup mudah dipraktekkan, bukan? Tinggal siapkan dokumen yang akan dihancurkan dan mesin penghancurnya.

Anda sudah bisa membuat dokumen menjadi lebih aman bahkan mendapatkan keuntungan lebih karena kertas yang hancur tersebut bisa dijual. Semoga artikel dari Makin Tahu dapat memberikan manfaat.


error: Content is protected !!