Perbedaan Dan Persamaan CMYK Dan RGB

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB? Di dalam desain terdapat 2 unsur warna, yaitu CMYK dan RGB. Dimana kedua unsur warna tersebut memiliki ciri khasnya sendiri.

Keduanya pun memiliki sifat dan fungsi yang berbeda pula. Berikut pembahasan pengertian, perbedaan CMYK dan RGB dan persamaan CMYK dan RGB yang perlu Anda ketahui sebelum membuat sebuah desain.

Pengertian CMYK

CMYK dan RGB merupakan suatu singkatan dari beberapa elemen warna. CMYK merupakan singkatan dari warna CyanMagentaYellow dan Black. CMYK juga dapat disebut sebagai Warna Proses atau Empat Warna.

Hal ini dikarenakan CMYK merupakan model warna yang berbasis pada pengurangan beberapa gelombang cahaya dan sering kali digunakan untuk pencetakan berwarna (Percetakan).

Saat melakukan pencetakan suatu gambar maka dibutuhkan empat warna tinta printer, yaitu Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Ketika proses pencetakan berlangsung, maka keempat warna atau Tinta Proses tersebut haruslah memiliki standar model warna CIELab dan memiliki nilai Transparency atau Opacity.

Perbedaan CMYK dan RGB

Pengertian RGB

RGB adalah model warna pencahayaan atau biasa disebut Additive Color Mode. RGB merupakan singkatan dari RedGreen dan Blue. Bila ketiga warna tersebut digabungkan, maka akan tercipta warna putih dan dari sinilah mengapa RGB disebut sebagai Additive Color Mode.

Warna RGB sebenarnya seringkali dapat kita temukan di peralatan elektronik khususnya Scanner, Monitor dan Televisi. Dapat dikatakan bahwa warna RGB digunakan pada Input dan Output Devices. Warna primer yang dihasilkan dipastikan tergantung pada teknologi yang digunakan seperti CCD / PMT pada kamera digital atau Scanner dan CRT / LCD pada Monitor PC.

Ketika Anda menggunakan layar komputer pasti tampilan RGB pada layar selalu memberikan warna terang dan nyaman. Hal ini karena warna RGB memang di setting khusus untuk display monitor dan bukan untuk warna cetak.

Untuk dapat menikmati tampilan gambar yang baik pada layar monitor khususnya PC, maka VGA dan Monitor yang digunakan haruslah saling melengkapi.

Perbedaan CMYK dan RGB

Perbedaan CMYK dan RGB sebenarnya sudah terlihat dari unsur warna yang terkandung. Seperti CMYK yang mengandung unsur warna Cyan-Magenta-Yellow-Black, maka lain halnya juga dengan RGB yang terdiri dari warna Red-Green-Blue.

Perbedaan kedua terfokus pada fungsi dimana RGB dan CMYK merupakan warna-warna primer, namun RGB lebih digunakan untuk monitor dan CMYK digunakan pada mesin cetak (Printer).

Persamaan CMYK dan RGB

Perbedaan ketiga terlihat pada medianya, dimana warna RGB lebih baik digunakan pada desain yang dikhususkan untuk ditampilkan di monitor seperti perancangan website dan desain grafis. Tetapi ketika Anda ingin mencetak poster, spanduk dan kartu nama misalnya, maka Anda harus menyimpan file dalam format warna CMYK.

Perbedaan CMYK dan RGB yang ke-empat adalah ketika ketiga warna RGB disatukan, maka akan menghasilkan warna putih sedangkan ke-empat warna CMYK ketika disatukan akan menghasilkan warna hitam.

Persamaan CMYK dan RGB

Persamaan RGB dan CMYK sebenarnya sudah disebutkan diatas, yaitu sama-sama warna primer. Apa yang terjadi jika Anda salah memberikan format RGB saat melakukan pencetakan? Biasanya saat file yang dicetak masih dalam format RGB, maka ketika dicetak akan terjadi penurunan kualitas.

Bila memang tujuan awal adalah untuk mencetak-nya, maka sebaiknya saat awal melakukan desain langsung menggunakan format CMYK. Jadi saat Anda memberikan data desain, maka hasil cetak spanduk misalnya akan menjadi sesuai dengan warna desain spanduk sebelumnya.

Pastikan pula untuk memilih bahan spanduk yang tepat sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya nanti. Sekian pembahasan mengenai perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB dari Makin Tahu semoga bermanfaat!


error: Content is protected !!